Banner
DITPSMKedukasi
Galeri Photo Terbaru
"SMART" Clock
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik

Total Hits : 448804
Pengunjung : 112399
Hari ini : 62
Hits hari ini : 174
Member Online : 4
IP : 54.158.208.189
Proxy : -
Browser : Opera Mini


:: Kontak Admin ::

asmaraamir   
Agenda
23 October 2018
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Login Member
Username:
Password :

7 Tips sukses untuk siswa SMK

Tanggal : 10/27/2016, 19:17:03, dibaca 335 kali.
Masih adakah diantara kalian yang memandang sekolah diSekolah Menengah Kejuruan (SMK) itu nanti masa depannya tidak sebagus yang sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA)? SMK memang dirancang agar lulusannya langsung siap masuk ke dunia kerja. Berbeda dengan SMA yang harus ada kursus atau pelatihan lagi sebelum bisa langsung kerja. Karena kebanyakan siswa yang bersekolah di SMA memang bertujuan untuk dapat meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi di tingkat kuliah atau perguruan tinggi. Kelebihan dan kekurangan memang ada pada baik SMA atau SMK.

SMA memudahkan lulusannya untuk masuk ke perguruan tinggi namun mendapatkan kesulitan ketika akan langsung kerja. Sementara SMK lebih kebalikannya. Beberapa tahun belakangan ini pemerintah tengah gencar mempromosikan SMK. Makanya sekarang SMK juga banyak peminatnya, tidak sedikit lho anak-anak SMP yang kemudian memilih daftar masuk ke SMK.

Pada umumnya mereka yang memilih sekolah di SMK memiliki keluarga dengan ekonomi yang biasa saja, sehingga mereka memutuskan bersekolah yang bisa langsung kerja. Dengan cepat bekerja mereka akan meringankan beban ekonomi keluarganya. Namun perlu diingat juga ya guys, buat kalian yang sekolah di SMK juga jangan berpangku tangan saja. Mentang-mentang kalian nanti sudah punya dasar pelatihan dan ketrampilan tertentu, sehingga bisa langsung kerja. Nah berikut ini kami berikan 7 tips untuk anak SMK biar mendapatkan karier sebagus lulusan sarjana.

1. Pilih jurusan sesuai minat dan bakat

Sebenarnya SMK itu gak jauh beda sama SMA kok, soal niat belajar dan ketekunan itu. Kalau kalian nantinya ingin memiliki karir yang sebagus lulusan sarjana ya kalian harus bersungguh-sungguh dari awal, sejak kalian masuk ke SMK. Kamu bisa memulainya dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Pilihlah jurusan yang menjanjikan dalam dunia kerja kelak guys, misalnya multimedia, broadcasting, farmasi, tata boga, tata busana dan otomotif.

2. Ikut kompetisi dan lomba

Kedua, kalian juga perlu lho ikut lomba-lomba tingkat SMK, seperti LKS Kejuruan. Kompetisi yang hanya khusus untuk sekolah SMK, biasanya dari sana kalian juga akan dirilik oleh perusahaan yang ikut berpartisipasi. Terutama perusahaan otomotif yang sering mencari lulusan SMK yang sudah berbakat sejak sekolah.

3. Magang yang benar

Nah ini yang sering disepelekan oleh anak-anak SMK, yakni terkait magang. Sering mereka menjadi malas karena harus magang, padahal guys magang itu kesempatan emas buat kamu biar cepat dapat kerja lho. Kalau pas kamu magang di suatu perusahaan dan mereka suka dengan kerjaanmu bisa lho sebelum lulus mereka minta kamu untuk kerja disana. Banyak kok anak SMK yang pas magang sudah dijanjikan pekerjaan oleh perusahaannya itu.

4. Pilih kerja atau kuliah, jangan ragu

Pikirkan benar-benar apakah kamu akan melanjutkan berkuliah atau bekerja. Setelah lulus dari SMK putuskan kamu akan memilih lanjut belajar atau bekerja, dan jangan ragu intinya itu. Jangan ragu untuk memilih langsung bekerja dan jangan ragu juga jika kamu ingin berkuliah.

5. Keterangan pengalaman kerja

Ketika kamu magang pergunakan kesempatan itu dengan baik sehingga nanti kamu mendapatkan surat keterangan pengalaman kerja. Nah kalau kamu sudah punya pengalaman kerja itu kan menjadi lebih mudah ketika melamar kerja. Perusahaan paling senang punya karyawan baru yang sudah punya ketrampilan dan pangalaman.

6. Sertifikat profesi

Jangan lupa kalian juga bisa punya sertifikat profesi atau sertifikat kompetensi sesuai dengan jurusan yang kalian ambil. Itu biar membuktikan ketrampilan kerja kalian terlihat lebih sah.

7. Kerja sambil kuliah

Banyak kok sekarang siswa SMK yang berprestasi dan tak jarang mereka melanjutkan kuliah juga dengan beasiswa. Kalau melanjutkan kuliah kalian bisa lho sambil bekerja juga, toh kamu sudah punya ketrampilan kan. Kamu juga bisa berkuliah di perguruan tinggi atau kampus kejuruan seperti Politek atau Sekolah Tinggi tertentu.Nah itu semua tips yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang ketika kamu mulai sekolah di SMK. Yang terpenting adalah usaha keras, bersungguh-sungguh dan doa agar kelak karirmu bisa mengalahkan yang bergelar sarjana.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas