ayo kita bersama berantas covid 19

mencegah penyebaran wabah Virus Covid-19 (lebih dikenal dengan Virus Corona) kepada para pegawai, bertempat di Aula Lantai 3 Gedung N, Gedung Keuangan Negara (GKN) Bandung, Rabu (11/03). Kegiatan ini  dihadiri pegawai  KPKNL Bandung dan Kanwil DJKN Jawa Barat serta Pegawai Kementerian Keuangan yang berada di Gedung Keuangan Negara (GKN).

Akhir tahun 2019 lalu, dunia dihebohkan dengan teridentifikasinya virus baru bernama Novel Corona Virus yang saat ini disebut dengan COVID-19. Wabah penyakit Covid-19 ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, total pasien positif virus corona melonjak jadi 19 dari sebelumnya hanya enam.

Ditengah kepanikan dan kekawitaran yang menyelubungi masyarakat di seluruh penjuru dunia ini, hoax mengenai Virus Corona juga menyebar luas di seluruh kalangan masyarakat. Penyebaran hoax mengenai kasus Virus Corona menunjukan laju penyebaran yang tinggi terutama melalui media sosial. Guna memberikan pemahaman,  informasi dan edukasi mengenai Covid-19 ini, diadakan penyuluhan kesehatan yang bertema “Bijak Menyikapi COVID-19” yang terbuka untuk umum.

Sigit Prasetyo Nugroho kepala KPKNL Bandung selaku penyelenggara menyampaikan : “Informasi hoax yang beredar di media sosial sangat banyak mengenai Virus Corona, sehingga kita  harus mengetahui apa itu Virus Corona dan cara pencegahannya jangan sampai apa yang kita kerjakan ternyata salah, kita perlu tahu informasi mengenai virus Corona atau Virus Covid-19 dari narasumber yang berkompeten langsung.”

“Pengetahuan yang kita peroleh saat penyuluhan hari ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pencegahan  Virus Corona buat diri kita dan keluarga,” imbuh Sigit.

Kegiatan Penyuluhan kesehatan kali ini dibuka Tavianto Nugroho Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, dalam sambutannya Tavianto mengatakan : “Setiap hari kita berkumpul bersama dengan banyak orang, hal ini akan mempermudah tertular virus dan berbagai penyakit lainnya untuk itu menjaga kesehatan tubuh maupun lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama.”

Acara kegiatan penyuluhan kali ini menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya, dr. Dahlia Qadarsih selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Kesehatan BPPKM Bandung, dr. Lily Amirullah AS. Sp.P dokter spesialis Paru, dan Wulan Sari Perawat Terampil.

dr. Dahlia Qadarsih dan dr. Lily Amirullah As. Sp.P secara bergantian menyampaikan mengenai Covid-19, yang merupakan salah satu dari kelompok virus Corona yang pernah menginfeksi manusia selain SARS dan MERS. Walaupun tingkat kematian yang disebabkan oleh Covid-19 ini relatif rendah dibandingkan SARS dan MERS, namun penyebarannya termasuk cepat dan luas. Beberapa gejala Covid-19 yang timbul adalah demam dengan suhu tubuh diatas 38 derajat Celcius, batuk disertai nyeri di tenggorokan, pilek, sakit kepala, dan sesak nafas. Penyebaran virus ini melalui percikan batuk atau bersin, baik melalui udara ataupun yang menempel pada permukaan benda. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah penularan virus ini, namun dapat dilakukan beberapa pencegahan. Antara lain pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan tidak merokok dapat mengurangi potensi tertular virus Corona ini. Selain itu, hindari bepergian ke tempat yang terkontaminasi Covid-19. Dalam acara ini juga diajarkan cara mengenakan masker yang benar, etika batuk dan bersin yang aman, dan cara mencuci tangan yang efektif sebagai pencegahan penularan Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.